ANALISIS MARKETING MIX DAN SEGMENTASI PASAR SEPEDA MOTOR SPORT SUZUKI GSX R 150 PT.SUZUKI INDOMOBIL MOTOR INDONESIA





PENDAHULUAN

Salah satu alat transportasi yang banyak di jumpai di sekitar kita adalah jenis sepeda motor. Selain geografis faktor harga juga mempengaruhi perkembangan produksi sepeda motor. Setidaknya pada tahun – tahun terakhir ini harga relatif lebih murah dan terjangkau. Apalagi kalau di kota kota besar yang rawan kemacetan, maka alternatif yang paling memungkinkan adalah dengan menggunakan sepeda motor.

Kita ketahui saat ini banyak merk sepeda motor yang ada di Indonesia misalnya Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, Happy dll. Dengan banyaknya ragam dan keunggulan masing – masing kendaraan, semakin memudahkan masyarakat menjatuhkan pilihan pembelian. Tetapi dari pengamatan saya hanya merk suzuki, Yamaha dan honda yang secara fisual terlihat bersaing ketat. Dengan kedewasaan konsumen, maka selain harga maka pertimbangan gaya, keiritan dan kualitas nampaknya saat ini menjadi isu yang populer.

Pada ulasan saya sebelumnya, saya mencermati “segmentasi pasar, targeting dan positioning” sepeda motor Suzuki tipe sport dengan jenis produk “SUZUKI GSXR  150 ”.  Selanjutnya dalam makalah saat ini, saya mencoba melihat lebih luas dan menganalisa Sepeda Motor suzuki secara general dari segi Strategi dan Manajemen Pemasaran. Alasan saya memilih merk sepeda motor suzuki dikarenakan secara pribadi adalah penggemar produk suzuki. Selain itu produk  suzuki  diminati Konsumen di Indonesia. 
 

Di beberapa tulisan baik di surat kabar, internet dan pendapat beberapa teman, nampaknya Merk suzuki bisa di sukai karena ada beberapa faktor, misalnya asumsi sepeda motor suzuki memiliki kualitas bagus, harga beli relatif murah, harga jual yang bagus serta kemudahan untuk pembelian dan perawatan. Dari latar belakang tersebut kami mencoba membahas bagaimana strategi perusahaan agar asumsi – asumsi diatas dapat dipertahankan oleh sepeda motor merk suzuki. Batasan pembahasan kami adalah analisa kesesuaian dengan materi Manajemen Pemasaran yang kami pelajari dengan informasi produk secara umum.
  

PENGERTIAN SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar adalah strategi pemasaran yang membagi target pasar yang luas ke dalam kelompok dari konsumen yang memiliki kebutuhan umum yang sama. Tergantung pada karakteristik khusus dari produk, kelompok ini dapat dibagi dengan kriteria seperti usia dan jenis kelamin, atau perbedaan lain, seperti lokasi atau pendapatan.

Segmentasi Pasar

Segmentasi ada agar perusahaan tidak akan ketinggalan ketika ada peluang yang muncul di pasar terkait dengan keinginan konsumen. Perusahaan hendaknya cermat membaca kondisi pasar sehingga dapat  mengidentifikasi dari segi demografis, geografis, dan psikografis. Perusahaan melakukan yang namanya segmentasi pasar, setidaknya untuk menentukan tingkatan model pasar yaitu, sekelompok orang yang memiliki satu atau lebih kesamaan karakter. Segmentasi pasar sendiri adalah suatu proses membagi sebuah pasar ke segmen – segmen atau kelompok – kelompok yang bermakna, relatif sama dan dapat diindentifikasi (Lamb, Hair & McDaniel, 2001. Buku Pemasaran Hal : 280)

Tujuan Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar memberikan peluang bagi perusahaan membagi pasar yang besar dan heterogen ke dalam segmen segmen yang kecil. Dengan demikian dapat dijangkau oleh perusahaan secara efisien dan efektif dengan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam segmen tersebut (Kotler ,P. & Amstrong , G. 2011. buku dasar – dasar pemasaran, hal : 282).

Segmentasi Yang Efektif

Berdasarkan buku “Manejemn Pemasaran” Kotler, P. & Keller K.L,, hal :250. Disebutkan
bahwa kriteria segmentasi pasar efektif adalah :
Terukur : Ukuran, daya beli dan karakteristik segmen dapat di ukur
Substansial : Segmen cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani. Sebuah segmen harus menjadi kelompok homogen terbesar yang layak dikejar dengan program pemasaran yang disesuaikan.
Dapat diakses : Segmen dapat dijangkau dan dilayani secara efeketif.
Dapat di Deferensial : Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan secara konseptual dan mempunyai respon yang berbeda terhadap elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
Dapat ditindaklanjuti : Program yang efektif dapat diformulasikan untuk menarik dan melayani segmen.

Bauran Pemasaran
Bauran  pemasaran  adalah  rangkaian  sarana  pemasaran  taktis  terpadu yang dapat dikendalikan (produk, harga, tempat dan promosi) untuk mengetahui respon  pasar  sasaran  yang diinginkan   oleh  perusahaan. Bauran pemasaran  merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen.
Sementara menurut Philip Kotler : 1997, bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.

Pembahasan
Dalam makalah ini kami mencoba membahas mulai dari visi misi perusahaan sampai dengan strategi pemasaran. Dimana strategi pemasaran mencakup target dan marketing mix. Adapun analisa – analisa atau bahasan tersebut merupakan gabungan antara pendapat dan beberapa teori yang melatar belakangi. Sumber informasi adalah dari website resmi suzuki motor indonesia  dan beberapa jurnal hasil penelitian. Namun demikian secara garis besar apa yang kami uraikan adalah pendapat pribadi kami. Adapun bahasan adalah sebagai berikut :
Sejarah perkembangan perusahaan
adalah perusahaan manufacturing otomotif yang memproduksi kendaraan roda dua (R2) roda empat (R4) dan outboarding atau mesin perahu. Di Indonesia, perusahaan ini telah dikenal sebagai salah satu dari manufaktur terbesar bersama dengan Toyota, Honda dan Mitsubishi.
Suzuki telah melalui perjalanan panjang di Indonesia sejak pertama kali memperkenalkan produknya pada tahun 1970 lalu dibawah bendera PT. Indohero Steel and Engineering Company dengan dua buah produk roda dua yaitu Type A100 dan FR70.
1979 Suzuki mula mengembangkan kendaraans erbaguna bernama Suzuki Jimny LJ80 dan beberapa produk kendaraan roda empat seperti GP100, GP125 dan TS100.
Pada tahun itu juga (1990) PT. Indomobil Suzuki Internasional yang merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) didirikan. ISI merupakan merger dari 5 perusahaan yakni :
1. PT. Indohero Steel & Engineering Co.
2. PT. Indomobil Utama.
3. PT. Suzuki Indonesia Manufacturing.
4. PT. Suzuki Engine Industry.
5. PT. First Chemical Industry.
1991 Sepeda motor Suzuki RGR150, Suzuki Crystal dan TRS X-2 diluncurkan
di tahun 1994, PT. ISI membuat divisi Outboard untuk menangani bisnis outboard merk Suzuki di Indonesia mulai dari perakitan atau produksi, penjualan hingga purna jual dan mulai memasarkan mesin type 2 tak DT 2, DT 2.2, DT 4, DT 8, DT 9.9, DT 15 DT 25, DT 40, DT 60, DT 70, DT 85, DT 115, DT 140 dan DT 200.
1995 Suzuki mulai memasarkan sepeda motor Suzuki FD 110cc (Shogun

Visi dan Misi Perusahaan
Visi 
Menjadi perusahaan terkemuka di dalam Suzuki Global Operation yang dihargai dan dikagumi di Indonesia
MISI
Kami menginginkan pertumbuhan dan perkembangan Perusahaan yang berimbang berdasarkan azaz kerja keras, integritas dan kebersamaan untuk selalu mencapai hasil lebih baik dalam mendahului harapan pelanggan.

Mencermati visi dan misi perusahaan tersebut cukup menarik. Bagaimanapun visi merupakan cita – cita yang ingin di capai seseorang atau organisasi. Artinya cita – cita yang di lontarkan oleh suzuki Motor sangat relefan dengan keinginan calon konsumennya. Mewujudkan mimpi pelanggan, artinya perusahaan akan selalu berusaha untuk mewujudkan keinginan konsumen. Dari Visi tersebut jelas konsep strategi bisnis mengarah kepada Orientasi Pasar(keinginan pasar).
Sesuai pendapat Cravens:1996, bahwa Visi mencakup pengambilan keputusan dimana, kapan dan bagaimana. Mari kita perhatikan, suzuki  memproduksi dan memasarkan kendaraan bermotor di Indonesia. Mulai di produksi sejak tahun 1971 dan selalu berkembang hingga memiliki komponen atau perangkat produksi dan sistem pemasaran serta evaluasi yang lengkap. Selanjutnya suzuki mengembangkan produk sesuai dengan keinginan konsumen atau melihat harapan konsumen. Minimal dengan slogan “way of life” dengan citra bahwa mesin awet, adalah salah satu bukti bagaimana perusahaan suzuki mengendalikan pasar sesuai dengan keinginan pasar itu sendiri.
Terkat misi perusahaan, nampaknya untuk mempertahankannya suzuki telah memiliki strategi tersendiri. Bukti adalah munculnya berbagai jenis atau tipe kendaraan yang ditawarkan ke masyarakat. Artinya suzuki mengeluarkan produk mengikuti perubahan pasar. Hal ini setidaknya untuk menjawab pendapat Philip Kotler : 1997 yang menyebutkan bahwa lama kelamaan perusahaan akan kehilangan minat pada misinya atau misi tersebut akan tidak relevan dengan perubahan kondisi pasar. Tetapi saya berpendapat apabila ada kosistensi terhadap misi itu sendiri, maka kepercayaan konsumen tetap ada, dan keuntungannya adalah visi perusahaan juga akan terjaga. Artinya kelangsungan perusahaan selalu dapat dipertahankan dengan baik.

Tujuan Perusahaan
Sebagaimana disebutkan bahwa PT. Suzuki indomobil motor merupakan perusahaan yang bertujuan menjalankan fungsi produksi, penjualan dan pelayanan purna jual yang lengkap untuk kepuasan pelanggan. Artinnya fungsi produksi adalah menciptakan produk untuk dapat di jual, dari penjualan tentunya akan mendapatkan keutungan. Sedangkan purna jual sebenarnya juga merupakan unsur bisnis yang dapat menghasilkan keutungan. Tetapi di lain pihak bahwa produk suzuki tersebut dapat di manfaatkan secara maximal sebagai alternatif kendaraan transportasi yang murah dan sesuai kebutuhan masyarakat. Dari uraian tersebut tujuan perusahaan untuk mendapat keuntungan dan keinginan konsumen mendapat kepuasan tampak bersinergi.
Sebagaimana disebutkan oleh Basu Swastha dan Irawan (2005) bahwa tujuan merupakan titik awal dari perencanaan pemasaran. Tujuan tersebut harus ditetapkan sebelum mengambil keputusan strategis. Tujuan perusahaan pada dasarnya ada 2 yaitu tujuan Umum dan Tujuan khusus. Tujuan umum adalah mencari laba atau keuntungan, sedangkan tujuan khusus adalah terkait dengan upaya peningkatan kualitas produk, perluasan pasar dan laba jangka pendek.
Dari penjelasan dan dasar teori yang ada saya tarik garis besar bahwa memang Suzuki ini berusaha mencari laba atau keuntungan serta berusaha memperkuat/memperluas pemasaran produk. Tetapi juga terdapat tujuan untuk kebaikan konsumen yaitu berupa kepuasan pelanggan itu sendiri. Artinya keuntungan merupakan hasil dari keberhasilan perusahaan mencapai tujuannya.
Strategi Pemasaran
Strategi perusahaan terkait produk biasanya berbeda – beda. Walaupun dalam satu payung korporasi. Hal ini karena terkait dengan segmen dan target penjualan produk itu sendiri. Artinya terdapat Unit Usaha yang mengelola atau menyusun strategi secara khusus. Tetapai secara umum tentu perusahaan memiliki strategi secara korporasi. Intinya strategi di tempuh atau dilakukan berdasarkan suatu tujuan. Menurut Basu Swastha dan Irawan (2005) ada 3 tahap strategi yaitu :
1)      Memilih konsumen yang di tuju
2)      Identifikasi keinginan konsumen
3)      Menentukn marekting mix
Sedangkan unsur strategi persaingan menurut Freddy Rangkuti (2003) terdiri dari 3 hal yaitu :
1.     Strategi segmentasi pasar
2.     Targeting
3.     Positioning
Pembahasan terkait dengan strategi dan unsur strategi tersebut akan di bahas selanjutnya. Secara garis besar 2 hal yang akan di analisa adalah terkait dengan Target Market dan Marketing Mix dari produk SUZUKI .

Target Market
SUZUKI mempunyai target penjualan pada seluruh lapisan masyarakat. Secara umum produk yang diciptakan sesuai dengan kelompok atau segmentasi terkait. Dalam hal ini yang saya ketahui adalah dengan adanya jenis sepeda motor tipe Bebek, Tipe Sport dan Tipe Skutik. Masing masing tipe tersebut mempunyai segmentasi pasar masing – masing dan dengan varian masing – masing. Sebagai contoh pembahasan saya sebelumnya adalah segmentasi, targeting dan positioning suzuki tipe sport gsxr 150, adalah diminati kaum muda dan dan para pecinta motor sport.
Sebagai contoh saja uraian target market adalah pada pembahasan segmentasi, targeting dan positioning salah satu produk suzuki yaitu SUZUKI GSXR 150. Dari uraian kami sebelumnya mungkin bisa mewakili secara implisit bagaimana strategi pemasaran SUZUKI di Indonesia.

Strategi SUZUKI GSXR 150
No
Implementasi

Segmentasi
1
SUZUKI GSXR 150 adalah tipe kendaraan pada segmen tipe sport fairing

2
SUZUKI GSXR 150  berada pada segmen Menengah ke atas dengan harga + 29.5

3
Segmentasi pasarnya adalah untuk kalangan remaja ,kaum muda dan para pecinta motor sport




4
Segmentasi untuk kaum muda yang suka akan sepeda motor sport ,


praktis, style yang trendi dan modern

5
Suzuki GSXR 150  adalah tipe kendaraan sport pada segmen 150 CC

    6
Konsentrasi pemasaran di Kota dan Daerah




Targeting
1
Tahun 2018 ditargetkan mampu menjual  unit 80.000 unit

2
Target pemasaran adalah untuk remaja dan kaum muda

3
Target pemasaran baik di kota maupun di desa diupayakan tetap maximal


Gambaran segmentasi tersebut nampaknya sesuai dengan Kotler dan Keller (2009). Dimana segmentasi di pengaruhi psikologi bahwa ada nilai style dan perasaan nyaman di pemakai/konsumen. Sehingga ada inters yang baik dari konsumen terhadap produk tersebut. Karena segmentasi psikologis berdasarkan sifat probadi, gaya hidup dan nilai.


Produk
Menurut Philip Kotler dalam buku Angipora (2002:155) produk adalah setiap apa saja yang dapat di tawarkan atau di pasar untuk mendapatkan perhatian, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.

Brand Equity is the set of characteristic unique to brand that allows the company to charge a higher price and retain a greater market share than would otherwise be expected for an undifferentiated product. Brand Equity adalah himpunan karakteristik yang unik untuk merek yang memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi dan mempertahankan pangsa pasar yang lebih besar daripada yang akan diharapkan untuk produk yang dibeda-bedakan.

Suzuki memiliki diferensiasi dalam hal pengembangan produk. Mulai dari segi segment maupun segi demografinya. Penerapan kualitas yang tinggi juga menjadikan produk suzuki menjadi produk yang paling dicari oleh para pelanggan. Sehingga kualitas produk menjadi strategi utama dalam produksi untuk meningkatkan mutu produk sesuai dengan tuntutan standar lingkungan secara nasional dan internasional (way of life).

PT. Suzuki indomobil motor mengeluarkan banyak sekali produk dan jasa pda pelanggan seperti dibawah ini :

a.         Sepeda Motor suzuki
PT. Suzuki indomobil motor menawarkan banyak sekali tipe dan warna sepeda motor masih memiliki spesifikasi masaing – masing yang disesuaikan oleh kebutuhan dan keinginan pelanggan, antara lain :
a)      Tipe bebek
-         Suzuki shogun         
-         Suzuki Smash
-         Suzuki Titan
          Suzuki Satria FU


b)      Tipe Matic
-        Suzuki spin
-        Suzuki Skywave
-        Suzuki skydrive
-        Suzuki nex



c)      Tipe Sport
         Suzuki thunder
         Suzuki Bandit
         Suzuki GSXR

b.         Bengkel resmi sepeda motor merk Suzuki

Pelayanan bengkel yang banyak menyebar di seluruh Indonesia dengan peralatan yang lengkap dan pelayanan yang ramah sehingga lebih memudahkan pelanggan untuk melakukan servis sepeda motor. Karena pelayanan jasa sangat penting maka keramahan  dan  kemampuan pegawai dalam melayani konsumen serta dalam pengerjaan kendaraan konsumen akan membuat kepuasaan pelanggan meningkat dan akan memunculkan loyalitas dari konsumen.



c.         Suzuki Genuine Parts
PT. Suzuki juga menyediakan spare parts yang asli seperti, drive chain kit, plastic part dan masih banyak barang kebutuhan motor pelanggan yang disediakan. Meskipun harga relative mahal tetapi kualitas dari produknya terjamin aslinya.
2.      Price
Price atau harga sangat mempengaruhi akan terjualnya suatu barang dan jasa yang ditawarkan. Dalam menentukan harga PT. Suzuki ini menggunakan strategi seperti :
a.         Menentukan harga sesuai dengan segment pasar,
b.         Variasi harga dari varian produk,
c.         Harga suku cadang yang bersaing,
d.        Memberikan cash back terhadap pembelian motor Suzuki, hal ini dapat dilakukan melalui FIF, Adira, maupun jasa pembiayaan lain.

3.    Place
Place atau disebut juga dengan pendistribusian. Jaringan suzuki yang sangat luas dan tersebar diseluruh Indonesia hal ini merupakan sebuah penghargaan dari penjualan produk suzuki. Karena dengan hal tersebut PT. Suzuki bisa memiliki jaringan di 30 propinsi dan terdapat lebih dari 1200 dealer yang tersebar.
4.      Promotion
Beberapa cara yang telah dilakukan oleh PT. Suzuki dalam melakukan Promotion atau promosi sesuai dengan konsep dasar Integrated Marketing communication diantaranya adalah sebagai berikut :
a.         Advertising
Setiap produk yang diluncurkan PT. Suzuki indomobil motor memiliki karakteristik iklan yang berbeda, karena setiap produk memiliki segmentasinya masing-masing. Contohnya produk Suzuki memiliki tagline yang dibuat pada tahun 2008 yaitu “way of life ”.
Tagline ini menandai bahwa semangat baru suzuki untuk tetap memberikan produk dan layanan terbaik bagi semua pengguna sepeda motor di Indonesia.
            Tidak hanya sekedar membuat tagline saja, suzuki juga telah melalui tahapan program promosi seperti symbol Suzuki yang telah dikenal dan menimbulkan aware dihati para pelanggan. Selain itu suzuki melakukan pengiklanan lewat semua media seperti media massa, media cetak, dan media – media lain yang memungkinkan produk dapat dikenal oleh pelanggan ataupun khalayak. Adapun kegiatan penyebaran brosur yang berisinkan produk – produk  sekaligus harga yang ditawarkan oleh suzuki.
b.         Personal Selling
            PT suzuki indomobil motor memiliki sales promotion girl (SPG) & sales promotion boy (SPB) sebagai personal selling yang ditempatkan pada dealer-dealer resmi, guna memberikan informasi kepada konsumen terkait produk-produk yang telah diluncurkan ke pasaran.
c.         Sales promotion
            Sales promotion merupakan salah satu cara untuk memberikan penawaran-penawaran khusus/nilai tambah dari produk-produk yang dijual PT Suzuki indomobil Motor kepada calon konsumen agar menarik minat mereka sehingga dapat meningkatkan penjualan.
Contohnya yang telah dilakukan oleh PT. Suzuki adalah sebagai berikut :
a)      Memberikan potongan harga khusus
Harga Promo Pembelian Suzuki GSXR 150 dari 29 juta jadi 28
Jakarta - PT suzuki menantang masyarakat untuk membuktikan kehandalan motor terbaru mereka yakni Suzuki Gsxr 150 dalam sebuah roadshow  suzuki memberikan harga promo untuk pembelian suzuki gsxr 150 . (detik.com|27/5/2011)

b)  Setiap pembelian produk suzuki pelanggan akan mendapatkan helm, jaket   maupun special gift suzuki secara gratis.
c)   Mendapatkan kesempatan untuk menikmati servis gratis selama tiga sampai empat kali servis motor di dealer – dealer suzuki terdekat.
d)  Pelanggan dapat memilih warna sepeda motor yang diingikan, karena suzuki memiliki banyak sekali pilihan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Contohnya adalah suzuki GSXR 150 yang memiliki varian warna – warna yang sporty .


d.      Direct Marketing
Salah satu strategi yang dilakukan dalam hal Call center PT suzuki indomobil motor tidak menggunakan penjawab telepon otomatis, melainkan dengan menyediakan customer service yang sangat terlatih. PT suzuki indomobil motor akan menindaklanjuti masalah atau keluhan yang telah disampaikan untuk tetap dapat menjamin kepuasan para pelanggannya.


e.       Public Relations
Menurut pendapat Kotler dan amstrong (2001) yang menyebutkan bahwa public relation adalah suatu fungsi manajemen yang melakukan evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta melaksanakan program yang sistematis untuk mencapai pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif.
Public Relation yang bekerja pada PT suzuki indomobil motor bertugas untuk melakukan kegiatan yang sistematis untuk mencapai citra positif perusahaan dan meyakinkan customer bahwa produk-produk dari perusahaan tersebut memiliki karakteristik sebagai berikut :
a)       Produk suzuki memiliki keunggulan kualitas terbaik, desain, performa, ketahanan, maupun konsumsi BBM yang hemat,
b)       Memenuhi keinginan konsumen dengan produk yang berkualitas, dengan menerapkan sistem fuel injection,
c)       Mengembangan produk,
d)       Memiliki berbagai tipe sepeda motor yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan setia suzuki ,
e)        Kualitas standar Internasional,
f)        Menyediakan kendaraan yang aman, menyenangkan, dan ekonomis sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. g)     Melakukan sponsor kegiatan amal, festival musik, olahraga, maupun kegiatan lain agar masyarakat lebih mengenal suzuki yang aktif menjadi sponsor berbagai macam kegiatan,

Kesimpulan
Dari uraian tersebut diatas sebenarnya kesimpulannya adalah bagaimana perusahaan itu (khususnya suzuki ) mampu memenangkan pasar melalui perencanaan strategis dengan tetap berorientasi pada konsumen atau pasar. Artinya seluruh bagian organisasi yang ada di dalamnya berupaya bagimana mendapatkan sistem dan keputusan yang tepat dalam menciptakan kepuasan pelangan atau konsumen.
Bukti dari organisasi suzuki  tersebut fokus pada konsumen adalah terlihat dari Visi dan Misi yang di canangkan. Sedangkan implementasinya adalah dari banyaknya produk yang mewakili harapan konsumen serta tanggapan penerimaan konsumen terhahadap produk suzuki itu sendiri. Setidaknya di buktikan dengan angka penjualan yang rekatif selalu bersaing dan memimpin otomotif motor di Indonesia. Artinyafungsi penawaran dan permintaan dalam sistem perekonomian tercipta dengan saling memberikan keuntungan.

dari analisis diatas adalah bagaimana cara perusahaan PT suzuki indomobil motor mampu memenangkan pasar dengan cara menentukan strategi-strategi pemasaran yang tepat. Semua pihak yang bersangkutan dengan PT suzuki indomobil motor sangat berpengaruh akan keberhasilaan pasar. Contohnya adalah keunggulan sepeda motor suzuki yang telah terbukti kualitasnya, harus dipertahankan agar memenuhi kepuasan pelanggan. Keramahan dan kenyamanan pelanyanan, bengkel perawatan motor yang yang lengkap dan tersebar di seluruh Indonesia sehingga memudahkan pelanggan untuk melakukan servis. Menyediakan berbagai macam sepeda motor dan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Sesuai dengan apa yang disebutkan dalam visi dan misi perusahaan.



Tersedianya berbagai macam tipe sepeda motor yang ditawarkan, harga yang disesuaikan dan kualitas yang terjamin merupakan salah satu strategi dalam pemasaran PT suzuki indomobil motor dalam mencapai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal tersebut menjadi  bagian dari bagaimana suzuki mampu mencarai atau merebut hati konsumen. Terbukti dengan slogan “way of life” dan hampir setiap produk mempunyai karakter yang kuat sesuai dengan target yang di tuju. Inilah keunggulan daya saing yang sebenarnya dari produk suzuki. Salah satu strategi  untuk menjadi pemenang adalah dengan menganalisis karakter dan keinginan konsumen terlebih dahulu.

Dengan bukti terjualnya jutaan unit sepeda motor pertahunnya, berarti kepercayaan pelanggan telah melekat pada diri PT suzuki indomobil motor. Dalam melakukan inovasi yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Karena dengan begitu inovasi tersebut akan mencapai kepuasan pelanggan. PT suzuki indomobil motor juga harus selalu focus pada target pengembangan produk yang lebih mutakhir, inovasi teknologi, pengembangan yang berkelanjutan terhadap produknya. Selanjutnya PT suzuki indomobil motor juga dapat menjual lebih banyak motor skutik dan sport yang lebih banyak sesuai dengan permintaan pelanggan. Bisa juga melakukan pengembangan penjualan di tempat lain atau mencari tempat-tempat yang belum pernah dijangkau termasuk ke pedesaan sekalipun.


Komentar